PENETAPAN HARGA
DISUSUN OLEH
JONATHAN TOMPODUNG
Penetapan harga merupakan
tugas kritis yang menunjang keberhasilan operasi organisasi profit maupun
non-profit. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan
pendapatan bagi organisasi. Namun, keputusan mengenai harga tidak mudah
dilakukan. Di satu sisi, harga yang terlalu mahal dapat meningkatkan laba
jangka pendek, tetapi di sisi lain akan sulit dijangkau konsumen. Dalam kasus
teretntu, harga yang mahal sekali dapat diprotes lembaga konsumen dan bahkan
mengundang campur tangan pemerintah utuk menurunkannya. Selain itu, marjin laba
yang besar cenderung menarik para pesaing untuk masuk ke industri yang sama.
Sedangkan bila harga terlampau murah, pangsa pasar dapat melonjak. Akan tetapi,
marjin kontribusi dan laba bersih yang diperoleh dapat jadi amat kecil, bahkan
 tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan atau ekspansi organisasi.
Untuk lebih lengkapnya,
silahkan download dalam file berbentuk doc. ini
(catatan, file-file tersebut sudah terbukti aman dan tidak mengandung virus. Hosting yg di pakai juga dari google, jd tingkat keamanannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk file berofrmat pdf dan vsd, terkadang jika di download hanya menggunakan browser, sering muncul peringatan... 'maybe this file will harm your computer'. Tp ini bukan virus sama sekali.)
Categories: 
'Marketing'





